Breaking News

Snack Ini Positif Mengandung Narkotika Golongan 1


Snack Keripik Jamur Yang Mengandung
Narkotika Golongan I
Berliannews.com- Batam | Hati-hati mengkonsumsi snack. Kalau tidak yakin dengan pembuat dan pengedarnya sebaiknya jangan dikonsumsi. Salah satu yang sedang diawasi sekarang adalah snack dengan merek dagang Snack Good. Snack Good merupakan snack makanan dari jenis keripik jamur kemasan dan positif mengandung  psilosibin (narkotika golongan 1).

Dipo, Koordinator Persaudaraan Korban Napza ( PKN ) Provinsi Kepri meminta agar masyarakat berhati-hati dalam mengkonsumsi snack terutama snack yang baru. Menurut Dipo, peredaran Narkoba dengan modus jualan snack ini dilakukan umumnya via online. " Tapi tidak menutup kemungkinan di Batam snack ini bisa dijual bebas, mengingat banyak juga makanan jenis dari luar tanpa izin BPOM beredar. Masyarakat diharapkan berhati hati. " demikian Dipo berkomentar. 

Snak jamur merek Snack Good menurut keterangan resmi dari situs BPOM, merupakan produk yang tidak memiliki izin edar dan izin dari BPOM. Produk ini juga tidak memiliki nomor izin Dinas Kesehatan ( PIRT ). Berdasarkan literatur keripik berbahan dasar jamur  itu memiliki kandungan bahan aktif psilosibin dan psilosina yang masuk kepada jenis Narkotika golongan I.

Lebih lanjut penjelasan BPOM di situs resminya, bahan dasar keripik yang digunakan yaitu jamur psilosibin atau magic mushroom. Di Indonesia, jamur tahi sapi tumbuh alami di kotoran hewan sapi.Jamur ini juga tumbuh di lumut, dan ranting.

Psilosobin mempunyai sifat halusinasi, dapat mengubah suasana hati ( Mood ), Mengubah persepsi diri dan/atau dunia sekeliling serta meluapkan perasaan baik rasa senang ( Euphoria ) maupun rasa sedih ( Depresi ). ( Red )