Breaking News

Begini Modus Jualan Beras Oplosan PT. Usaha Kiat Permata


berbagai merk karung beras, 
Berliannews.com – Batam |Usaha oplosan beras milik A Kiang alias Hartono digrebek Sabtu kemarin ( 04 November 2017 ) sekitar pukul 09.00 Wib bertempat di PT. Usaha Kiat Permata yang beralamat di Komplek Pergudangan Mega Cipta Indutrial Park, Blok E No 1 Batu Ampar Kota Batam (D. Penangkapan Pengoplosan Beras secara illegal dilakukan oleh Subdit 1 Direktorat Ekonomi Baintelkam Mabes Polri yang dipimpin oleh AKBP Kurniawan beserta 3 Orang anggota yang didampingi oleh Dirreskrimsus Polda Kepri Kombes Pol Budi Suryanto. SH. MSi dan Dirintelkam Polda Kepri Kombes Pol Musa Tampubolon, SH, Sik, MSi.

Pada saat dilakukan penangkapan sedang berlangsung aktivitas pengoplosan dari Karung beras illegal (diduga beras asal Vietnam) kedalam karung Beras lokal berbagai merek, antara lain :Horas,  Minang Raya, Harum Mas,  Jawa Raya,  Bukit Tinggi, Gelombang Cintapi,  Rumah Solok, Horas Super, Minang Raya Super.

Dari kejadian ini terungkap bahwa PT. Usaha Kiat Permata mencatut nama nama daerah seperti Jawa Raya, Bukit Tinggi, Rumah Solok dan banyak lainnya sehingga mengesankan seolah olah beras oplosan made in A Kiang ini berasal dari daerah daerah yang dikenal penghasil beras tersebut.

Modus operasi penjualan beras A Kiang ini juga sangat penuh tipu daya. Beras yang sebenarnya sama semua ini ( baca Oplosan ) diedarkan menjadi jenis biasa dan super. Jenis Super jelas lebih mahal harganya. Tetapi yang dilempar ke pasaran jenis biasa dulu. ketika jenis Super akan dilempar ke pasaran, jenis biasa ditarik dan dikosongkan dari peredaran. Jenis Super yang sebenarnya berasnya sama ini kemudian dijual ke pasaran dengan harga lebih tinggi.


Jadi kalau anda melihat berbagai jenis beras beredar dipasaran dan mencatut nama nama daerah di Indonesia, bisa jadi beras tersebut bukan asli berasal dari beras local. Kuat kemungkinan beras tersebut adalah beras luar yang dicampur dengan beras local. Biasanya beras Bulog ataupun beras Raskin.  (Red )