Breaking News

Pelabuhan Resmi Diduga Pintu Masuk Narkoba, LSM Berlian Ajak DJBC Kepri Bekerjasama Mencegahnya


Salam Komando Kakanwil DJBC Khusus Kepri
Rusman Hadi dengan Presiden LSM Berlian
BELIANNEWS,BATAM : Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Berantas Lingkaran Narkoba (Berlian) menilai banyak Narkoba masuk dari pelabuhan Feri Batam Center. Hal itu terbukti dari banyaknya kurir Narkoba yang ditangkap lewat pelabuhan tersebut, dan rata-rata yang ditangkap sebagai kurir adalah para Tenaga Kerja Indonesia ( TKI ) yang pulang dari Negara seberang (Malaysia).

Saat audiensi
Kakanwil DJBC Khusus Kepri, Rusman Hadi, Presiden Berlian Ahmad Rosano mengatakan bahwa pelabuhan resmi di Batam, tepatnya Pelabuhan Feri Batam Center, jadi pintu utama para mafia untuk memasukkan Narkoba.

"Kurir Narkoba bukan hanya satu orang saja sekali jalan. Melainkan lebih dari satu orang, sehingga ketika satu orang tertangkap, yang lainya lolos dalam pemeriksaan aparat yang jaga. Itulah lihainya mafia penyeludup Narkoba," kata Rosano saat beraudensi dengan DJBC khusus Kepri.

Dan sekarang, lanjut Rosano, pelabuhan tikus sudah menjadi sasaran para mafia menyeludupkan Narkoba yang sudah jadi, sekaligus bahan-bahan cairan untuk membuat Narkoba. 


"Kami duga ada pabrik Narkoba di Kota Batam ini," ujar Presiden Berlian.
 

Oleh karena itu, ia berharap  Bea Cukai dapat bekerjasama dengan LSM Berlian untuk mencegah masuknya bahan adiktif dan Narkoba tersebut.

"Apabila ada penangkapan yang dilakukan oleh Bea Cukai, mohon dikabari ke kami. Begitu juga dengan kami, bila mendapat informasi akan mengabari Bea Cukai," sampainya Rosano.

Kepala Kantor Wilayah DJBC Khusus Kepri, Rusman Hadi juga menyampaikan, supaya kehadiran LSM Berlian dapat membantu, menyelamatkan masyarakat dari Narkoba. Terutama terhadap generasi muda terutama anak-anak sekolah.


Menanggapi hal itu, Rusman Hadi mengaku sepaham dengan keterangan Akhmad Rosano. Untuk itu ia akan mendukung dan akan membuat kerjasama dengan LSM Berlian, diantaranya terkait tukar informasi dan juga sosialisasi tentang bahaya penyalahgunaan Narkoba.


"Berikanlah penyuluhan terhadap generasi bangsa, terutama kepada anak-anak sekolah. Sehingga mereka (Generasi) penerus bangsa tidak menggunakan Narkoba, dan dapat menjauhkannya. Kami Bea Cukai akan tetap menindak mafia Narkoba yang menggunakan kurir-kurirnya," kata Rusman Hadi mengambahkan.

(Red)