Breaking News

Kebakaran Hutan Saat Ini Terjadi Di Mangsang, Kec. Sei Beduk.


Kebakaran Hutan di Mangsang. ( insert, Mobil Damkar Pemko Yang Tidak
bisa masuk lokasi )
Berliannews.com - Batam | Saat berita ini diturunkan ( 22/03/ 2018 ), tim dari Manggala Agni BKSDA ( Balai Konservasi Sumber Daya Alam ) Kepri bekerjasama dengan Damkar ( Pemadam Kebakaran ) Pemko Batam Pos Tembesi sedang sibuk bahu - membahu berusaha memadamkan api akibat kebakaran hutan di Mangsang yang semakin membesar. 

Pada saat ini pula, berdasarkan laporan Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika Stasiun Metereologi Hang Nadim Kota Batam menyebutkan cuaca kota Batam siang hari berawan dengan suhu udara berkisar antara 25 - 32 derjat celcius. Kecepatan angin yang berasal dari Timur Laut menunjukkan angka 30 km/jam. 

Kecepatan angin ini membuat kebakaran yang menurut informasi yang dihimpun kru Berliannews.com sudah berlangsung semenjak tadi malam, membuat daya jelajah api semakin luas dan mempengaruhi luas area kebakaran menjadi semakin luas. Diperkirakan luas kebakaran di Mangsang ini sudah mencapai 8 hektar.  Upaya pemadaman menjadi semakin sulit mengingat kebakaran terjadi di lereng bukit dengan kemiringan diperkirakan mencapai 40 derjat. 

Mobil kebakaran dari Damkar Pemko sendiri sudah dari pagi hari muncul. Tapi kendaraan dengan ukuran besar ini tidak mampu menjangkau lokasi kebakaran. Karena keterbatasan tersebut, Danpos Damkar Tembesi Pemko Hari, berinisiatif menelpon Manggala Agni karena memiliki unit Armada Pemadam Kebakaran Hutan yang lebih kecil dan mampu menjangkau sampai ke dekat titik api.

Asal usul kebakaran menurut Hari, Danpos Damkar Tembesi masih belum bisa diinformasikan karena mereka fokus pada pemadaman api. " Mungkin nanti bisa ditanyakan kepada Polisi dari Polsek yang lebih berkompeten menyelidiki penyebab kebakaran. Kami lebih berorientasi untuk memadamkan kebakaran. " demikian Hari menyampaikan kepada Berliannews.com.

Berdasarkan pantauan dari Berliannews.com langsung dilapangan, lokasi kebakaran memang berdekatan dengan lokasi pembukaan lahan kebun masyarakat. 

Informasi kebakaran sendiri didapat dari salah seorang Staff Kelurahan Mangsang Bpk Yani yang berinisiatif menelpon Damkar Pemko Batam tadi pagi. Tim Manggala Agni, Damkar Pemko Batam, Satpol PP Kelurahan Mangsang, Koramil Sei Beduk dan warga saat ini sedang bahu membahu mencoba memadamkan api kebakaran hutan di Mangsang ini. Wilayah kebakaran dikhawatirkan akan meluas jika tidak segera dipadamkan.Mungkin ada yang berminat membantu ? ( red ).