Breaking News

Buah Dan Sayur Ada Narkoba, Presiden Berlian Minta Aparat Perketat Pengawasan


Bawang berisi Narkoba
Berliannews.com - Batam | Pasar Narkoba di Indonesia menggiurkan. Jika tidak, mustahil mafia-mafia Narkoba berusaha dengan berbagai cara agar barang haram tersebut bisa masuk ke Indonesia dengan berbagai cara. Berbagai cara melewati darat, laut dan udara dilakukan agar Narkoba bisa masuk ke Indonesia. Mungkin lewat bulan saja yang belum dilakukan. 

Modus masuk Narkoba juga ternyata semakin canggih dan kreative. kartel Narkoba Kolombia diketahui terakhir melakukan terobosan pengiriman kokain dengan memakai media nanas, semangka, wortel, cabai , tomat dan banyak tanaman lainnya. Durian mungkin belum pernah. Baru- baru ini terungkap penyelundupan Narkoba melewati Bawang Bombai. Kulit luar bawang, begitu dibelah, isi dalamnya butiran ekstasi terbungkus rapih. 

Atas kejadian- kejadian tersebut, Presiden Berlian Ahmad Rosano meminta agar segenap jajaran instansi terkait untuk meningkatkan pengawasan terutama terhadap kapal-kapal kayu yang cenderung kurang dicurigai. " Di Batam,  beberapa tahun lalu pengiriman buah dari luar batam sering di selundupkan pada buah Durian dan Jeruk bali yg di datangkan dari Jambi, Belawan dan Pekanbaru. Sekaran ditemukan pada bawang. Aparat terutama instansi terkait seperti Bea Cukai dan satuan samping lainnya harus meningkatkan pengawasan untuk mencegah Narkoba masuk melewati buah-buahan dan sayur mayur. " demikian Rosano menyampaikan. 

Lebih jauh, Rosano memaparkan bahwa pengiriman sayur mayur dan buah-buahan sering melewati pelabuhan-pelabuhan tidak resmi dengan mempergunakan kapal kayu dengan modus untuk pengadaan Sembako. " Mafia Narkoba akan selalu berusaha mencari jalan ataupun cara baru untuk menyelundupkan Narkoba. trend mempergunakan modus sayur mayur dan buah-buahan bukan tidak mungkin terjadi lagi. " tutur Rosano. 

Mei 2017, BNNP Kalimantan Selatan bersama Polda Kalsel berhasil menggagalkan penyelundupan 4.080.000 butir pil Charnophen asal Surabaya. Pil ini biasa disebut pil Zenith ataupun Pil Jin. Obat ini tergolong murah tetapi masuk kedalam golongan obat-obat keras dan dapat menimbulkan kecanduan. memiliki efek samping jika digunakan secara berlebihan dengan salah satu efek sampingnya yaitu menimbulkan kerusakan syaraf otak. ( Red )