Breaking News

Mengenal Sosok " Srikandi " Kapolsek Lubuk Baja Batam


Kompol. Yunita Stevani
BATAM I  Bermula dari coba-coba pada tahun 2002 Yunita Stevani mengikuti pendidikan Akademi Polisi (Akpol).

"Sebenarnya saya tidak pernah tertarik menjadi seorang polwan, waktu itu saya hanya coba-coba, ternyata lolos, maka saya lanjutkan dengan sungguh-sungguh." tuturnya memulai perbincangan saat ditemui reporter berliannews.com, beberapa hari lalu.

Putri pertama dari lima bersaudara ini mengaku, tidak dapat melupakan saat pertama kali harus memendekkan rambutnya.

''Hal yang paling berkesan saat pendidikan adalah, saat saya dan teman-teman Taruni (Akpol putri) diwajibkan untuk memendekkan rambut," ucapnya mengenang.
Beri Bantuan Masyarakat Kurang Mampu
di Tj Uma


Sebagai seorang ibu dari dua orang anak, Kompol Yunita Stevani Sik.Msi yang saat ini menjabat sebagai Kapolsek Kecamatan Lubuk Baja Batam, tidak menyangkal bahwa profesi seorang Polisi pada awalnya adalah profesi laki-laki.

Tetapi dengan kegigihan dan kerja keras sungguh-sungguh, ia yakin Polwan juga mempunyai kesempatan yang sama dengan Polisi lainnya.

"Jadi untuk remaja putri, generasi muda, anak-anak kami, mari untuk lebih mantap memilih cita-cita jika ingin menjadi Polwan!" ajaknya bersemangat.

Kompol Yunita Stevani Sik.Msi mulai menjabat sebagai Kapolsek Kecamatan Lubuk Baja pada Maret 2018. Dalam kepemimpinannya Kompol Yunita ingin lebih dekat dengan masyarakatnya.

"Saya sadar masih ada stikma yang berkembang ditengah-tengah masyarakat kita, enggan atau takut berurusan dengan Polisi, hal ini membuat saya dan teman-teman dijajaran Polsek Lubuk Baja tergerak untuk bersama-sama melakukan pendekatan kepada masyarakat dengan melakukan kegiatan-kegiatan sosial, yang kita sebut program Peduli Masyarakat," tuturnya.

"Adapun program Peduli Masyarakat ini diperuntukkan membantu dan memberi santunan kepada masyarakat kurang mampu, bantuan untuk masyarakat yang sedang sakit, anak yatim piatu, dan anak keluarga miskin yang putus sekolah. Dan sampai saat ini kita masih akan menerima laporan dan menindaklanjutinya jika rekan-rekan ada mendapati masyarakat dengan status yang demikian," tambahnya gamblang.

Selain program Peduli Masyarakat, Kapolsek cantik ini juga menggalakkan warung kamtibmas ditingkat babin. "Dengan adanya warung kamtibmas ini kita berharap permasalahan yang muncul dimasyarakat dapat terdeteksi dengan cepat dan diselesaikan dengan cara kekeluargaan, tapi kalau tidak bisa baru akan kita alihkan ke Polsek," terangnya.

"Saya dan rekan-rekan Polsek Lubuk Baja juga melakukan pemantauan dititik-titik fital, seperti mall dan bank," tambahnya lagi.

Di akhir perbincangan Kompol Yunita berpesan kepada masyarakat untuk jangan sungkan datang kepada Polisi jika terkena tindak pidana. "Bagi masyarakat Lubuk Baja jika anda terkena tindak atau perbuatan pidana jangan ragu untuk datang pada kami Polsek Lubuk Baja melakukan pelaporan, dan tidak ada pemungutan biaya," tutup Kapolsek kelahiran Palangkaraya 23 Juni 1983 ini.

(Indri)