Breaking News

Ini Dia Profil Pengusaha Baru Di Batam Yang Muda, Energik dan Peduli


Wahyu Wahyudin, Pengusaha Muda Baru di Batam
Berliannews.com – Batam | Adalah Wahyu Wahyudin, seorang pengusaha muda Batam yang pelan pelan mulai menunjukkan taring. Namun ada hal yang luar biasa dalam upaya Wahyu mengembangkan bisnisnya, semuanya dilakukan dengan melakukan pendekatan ekonomi kerakyatan.

Sebagai contoh, jaringan supermarket 212Mart  yang dikembangkannya memiliki konsep rekanan dengan para pengusaha kecil dan menengah yang ada di Batam. Para pemilik usaha kecil menengah dirangkul dan produk – produk mereka menjadi pajangan di Jaringan Supermarket 212Mart  yang semakin eksis membuka berbagai cabang di Batam dan daerah lainnya. Dalam waktu dekat, 212Mart rencananya akan buka di Piayu dan Puri Legenda.

Wahyu sendiri saat ini juga sedang mengembangkan program pertanian dan perkebunan di Kepri. Kepeduliannya kepada pertanian dan perkebunan ditunjukkannya dengan menyiapkan lahan lebih kurang 1000 hektar di Kepri untuk program ini. “ Sedih kita melihat pertanian dan  perkebunan di Batam dan Kepri ini tidak menjadi primadona. Padahal potensinya luar biasa.  Jika tidak, tidak mungkin di Batam saja ada 1000 lebih Tenaga Kerja Asing yang bekerja di sektor ini. Jika Orang  Asing saja bisa dihidupi dari sektor ini, kenapa justru perkembangan industri perkebunan malah mandek bahkan tidak masuk Musrenbang. Ada Apa ? “ demikian Wahyu berpendapat sekaligus mengkritisi.

Wahyu memang juga memiliki usaha mengirim buah – buahan lokal ke luar negeri. Contohnya seperti Durian dan banyak lainnya, di eksport Wahyu ke berbagai negara di Asia. “ Prospeknya luar biasa, kita memiliki lahan yang luar biasa subur. Tapi yang bertanam durian saja di Kepri ini hasilnya tidak cukup, anak mudanya gengsi berkebun dan bercocok tanam.  Jadi orang tuanya yang punya kebun durian, bertahan dengan apa adanya dan tidak meningkatkan kwalitas dan kwantitas.  “ kembali Wahyu yang lulusan Serjana Komputer ini memberikan gambaran.

Untuk mendukung program Pertanian dan Perkebunan, Wahyu menyiapkan program berupa bantuan pupuk dan bibit. “ Ini tidak harus dilahan milik saya saja. Tetapi juga milik perkebunan lain akan tetap kita bantu juga. “ tutur Wahyu mengakhiri kepada Berliannews.com. ( Red )