Breaking News

Sosialisasi Narkoba, Berlian Gandeng Taxi Online


Presiden Berlian Ahmad Rosano ( Kanan ) dan Kru Taxi Online
Jaringan Trans Batam
Berliannews.com - Batam | Sebuah terobosan untuk aktif mengkampanyekan anti Narkoba dilakukan oleh Presiden DPP LSM Berlian beserta jajarannya, yaitu dengan menggandeng komunitas Taxi Online yang ada di Batam sebagai media partner untuk melakukan penyebarluasan informasi. Hal ini dilakukan dengan pertimbangan perkembangan Taxi Online yang identik dengan kemajuan informasi dan tehnologi. " Persyaratan untuk bisa eksis diabad ini adalah harus siap mengikuti perkembangan zaman. Siapa yang tak mengikuti perkembangan, maka akan ketinggalan. " demikian Rosano menyampaikan dasar pemikirannya. 

Taxi Online menurut Rosano akrab dengan ciri-ciri perkembangan zaman yang semakin canggih. " Mereka menerapkan sistem berbasis aplikasi pemetaan yang canggih. Mereka juga update dan cepat dalam proses pertukaran data. Taxi mereka juga umumnya nyaman dan bersih, dengan kendaraan keluaran tahun-tahun anyar. Sistem mereka mampu mengidentifikasi pelanggan terlebih dahulu sebelum beroperasi. Ini mengurangi resiko terjadi kejahatan dan kriminalitas. Mereka juga dijangkau di perumahan-perumahan, dan ini sangat efektif untuk sosialisasi Anti Narkoba. " tutur Rosano panjang lebar. 

Tahapan awal tentang kegiatan ini sudah dimulai dengan melakukan pembicaraan awal dari komunitas taxi online  Jaringan Trans Batam  ( JTB ) dikantor DPP LSM Berlian. Adalah Arif, Devi dan Hendra dari JTB beraudiensi ria dengan Presiden DPP LSM Berlian Ahmad Rosano pada rabu 10/01/ 2017 jelang siang tadi. 

Kesempatan bertemu Presiden DPP LSM Berlian juga dipergunakan Arif dan kawan-kawan untuk menyampaikan permasalahan tentang Taxi Online yang sekarang dilarang mengambil penumpang-penumpang dibeberapa wilayah yang sebenarnya merupakan wilayah pelayanan publik juga. contoh seperti Bandara Hang Nadim dan  beberapa mall besar di Batam.  

Menanggapi hal tersebut, Rosano mengatakan bahwa Presiden Republik Indonesia Joko Widodo sudah menyatakan bahwa Indonesia ini sekarang darurat narkoba.  " Jadi segala upaya untuk memberantas Narkoba harus mendapat dukungan dari seluruh pihak, terutama dari Pemerintah dan Aparat. Kita akan lakukan tindakan untuk membuka akses agar Taxi Online Berlian nantinya diterima dimanapun di Batam ini. Pemerintah Kota Batam sendiri jelas-jelas gagal menekan angka peredaran Narkoba di Batam. Perda 05/2010 tentang pencegahan Narkoba tidak dijalankan. Kenapa sekarang ada yang mau berpartisipasi justru dilarang ? apa dasar hukum dari larangan tersebut ? " tutur Rosano menanggapi permasalahan Taxi Online. 

Meskipun begitu, Rosano menekankan kepada team JTB agar tidak melawan kekerasan dengan kekerasan. " Ini zaman canggih. Bukan otot lagi yang diandalkan. tapi intelektualitas. Jika tidak bisa dibicarakan baik-baik, kita akan tempuh jalur hukum. Kita akan bekali supir-supir taxi online Berlian nanti dengan pengetahuan hukum yang cukup untuk berhadapan dilapangan. Jika perlu, kita akan siapkan tim pengacara. " demikian Rosano menutup Silaturahmi yang disambut dengan hangat oleh JTB. ( Red )