Breaking News

Lepas Menuju Sumut 1, JR. Saragih-Ance Potong 7 Lembu


Suasana Pelepasan JR Saragih-Ance Menuju Sumut 1
Berliannews.com- Simalungun | Ribuan Masa Padati Lapangan olah Raga SMPN I Raya di Pematang Raya Kecamatan Raya. Hal itu untuk menghadiri Acara Orang Nomor Satu di Kabupaten Simalungun yang akan melanjutkan pertarungannya menuju Sumut Satu. Sejumlah susunan Acara pun telah dipersiapkan Panitia mulai kata sambutan dan Upacara Adat Batak melalui 8 etnis, yakni Simalungun, Karo Nias, Toba, Mandailing, Pakpak Dairi dan Melayu serta adat budaya Suku Jawa. 

Acara dihadiri para Tokoh Adat,Tokoh Agama,Tokoh Adat dan Budaya serta  Tokoh Politik dan Tokoh Masyarakat Sekabupaten Sumalungun. Suasana jalan Lintas Siantar menuju Seribudolok Kaban Jahe saat kendaraan yang  melintas di Jalan Patang Raya sempat macet bahkan nyaris macet total. Namun dengan sigap para personil Polisi dari Sat Latlantas Polres Simalungun dan Polsek Raya serta sejumlah personil  Dis-Hub Simalungun melakukan tidakan pengaturan  cepat hingga kemacetan pun dapat terelakan dan sedikit demi sedikit dapat teruraikan. 

Jamuan makan siang pun disediakan bagi ribuan masa yang datang dari pelosok Simalungun ataupun biasa disebut warga Raya ini.  Terlihat posko -posko juga didirikan untuk mewakili masing-masing kecamatan yang ada di Simalungun.  Kerumunan ini tetap bertahan Sehingga acara Pelepasan atau pemberangkatan petarung Simalungun menuju Sumut Satu. 

Kepala Lembu Yang Sudah dipotong
Namun disayangkan, kekurangan nasi bungkus dalam setiap acara besar seperti ini tetap saja terjadi. Apakah ada yang makan double, atau panitia kurang sigap, atau warga Siluman dari Kabupaten lain juga ikut meramaikan , tidak jelas juga apa penyebabnya. Yang jelas banyak yang tak kebagian makan. Sudah 7 ekor lembu dipotong ternyata masih kurang. Begitupun, masyarakat tetap semangat melepas JR Saragih-Ance maju ke Sumut 1. ( Kang Dani )