Breaking News

Ciptakan Wartawan Handal, Profesional dan Beretika, Pimred Expossidik.com Gelar Pelatihan Jurnalistik


BERLIANNEWS, BATAM : Dalam rangka menciptakan wartawan yang handal, profesional dan beretika dalam menciptakan atau menyampaikan informasi yang telah dituangkan menjadi suatu berita berdasarkan fakta bukan opini dan layak dikonsumsi oleh masyarakat luas, Pimpinan Redaksi (Pimred) Media Online Expossidik.Com menggelar pelatihan Jurnalistik bagi Puluhan wartawannya di Kantor Expossidik.com yang beralamat di Perum Cendana, Batam Center, Jumat (8/12/2017).

Pelatihan tersebut diikuti oleh kru wartawan Expossidik.com dari berbagai perwakilan Daerah, yaitu, Ka. Perwakilan Daerah Jambi, Karimun, Natuna, Tanjungpinang, Lingga. Dan pelatihan jurnalis itu sendiri di pimpin langsung oleh Pimpinan Redaksi Expossidik.com, Albert Ginting dan Rumbadi Dalle, SH., MH sebagai pemberi materi pelatihan.

Albert Ginting selaku Pimred Expossidik.com dalam sambutannya mengatakan bahwa pelatihan tersebut dilakukan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dalam jurnalistik dan kegiatan itu akan dilakukan selama tiga (3) hari.

"Intinya pelatihan ini bertujuan agar wartawan dalam pemberitaannya tidak beropini, tetapi memberitakan berdasarkan fakta serta data. Dan kedepanya akan diwacanakan lintas media yang ada di Kota Batam" Ujarnya

Albert juga mengatakan bahwa pelatihan yang dilakukan selama tiga hari tersebut, awalnya hanya diikuti oleh internal medianya saja. Namun karena adanya keinginan untuk belajar agar lebih memahami tentang Jutnalistik, beberapa media seperti Kepriaktual.com, Kwarta5.com, Berliannews.com, Isubatam.com dan Dinamikakepri.com turut ikut dalam pelatihan tersebut.

"Yah Kita wellcome saja terhadap rekan-rekan yang mau mengikuti pelatihan ini," ujarnya kembali.

Sementara itu, Rumbadi Dalle, SH., MH., selaku pemberi materi mengatakan, pendidikan bagi jurnalis sangat penting, agar tidak beropini dalam pembuatan berita dan harus berdasarkan fakta.

"Pelatihan jurnalis ini, bila perlu dapat dilaksanakan terus dan berkesinambungan. Sehingga wartawan dapat terhindar dari jeratan hukum dalam penulisan berita," ujar Wakil Dekan Fakultas Hukum Unrika ini.

Lanjut Rumbadi, wartawan dilapangan dalam mencari berita, haruslah dibekali ilmu dalam mencari data, serta dapat menjalin komunikasi yang baik dengan narasumber, sehingga tidak terjadi benturan saat melakukan tugasnya.

”Narasumber akan merasa nyaman jika wartawan telah dibekali ilmu jurnalis, baik itu dalam mencari data maupun etikanya,” Katanya lagi.

Profesi Wartawan, lanjutnya lagi, merupakan pekerjaan yang mulia, sehingga diperlukan keahlian khusus dalam pengumpulan data untuk dijadikan berita fakta, sehingga tidak dapat disebut Hoax,” tambahnya.

Adapun Materi Pelatihan yang diberikan dalam pelatihan ini diantaranya writer’s block, teknik menulis berita dan press release, teknik menulis feature dan laporan, cara membedakan menulis berita dengan menulis feature, bagaimana cara mendapatkan sumber bahan penulisan feature, cara melakukan liputan dan wawancara, cara menuangkannya menjadi sebuah naskah feature yang enak dibaca dan cara teknik menyunting dan meramu naskah.

Selesai pelatihan, wartawan yang mengikuti pelatihan melakukan fhoto bersama. (Jefry)