Breaking News

Ilmuwan Inggris Ciptakan Mesin Halusinasi Bercitarasa Narkoba


BERLIANNEWS, INGGRIS : Para ilmuwan telah menciptakan sebuah mesin yang menghasilkan halusinasi yang jelas menirukan pengalaman ampuh dalam mengkonsumsi jamur ajaib.

Periset di Pusat Sackler untuk Ilmu Pengetahuan Sihir di Sussex University di Inggris seperti diberitakan laman News Week, Senin (27/11) disebut telah membuat pengalaman kenyataan maya, Mesin Halusinasi, untuk mempelajari bagaimana otak memproses dunia dan bagaimana hal itu berbeda dari kenyataan dan berada dalam keadaan kesadaran yang berubah tanpa harus memberi pelajaran tes. narkoba.

Menggunakan headset realitas maya, para peserta direndam dalam versi modifikasi dari DeepDream Google - sebuah program komputer yang dirancang untuk meningkatkan pola pada gambar yang menghasilkan hasil halusinogen - saat mereka berjalan melalui kampus universitas.

Psychedelic

Seni psychedelic Obat-obatan seperti LSD dan ketamin membuat otak memasuki "keadaan kesadaran yang lebih tinggi," menurut sebuah studi baru.

Dua belas sukarelawan yang diuji melaporkan halusinasi visual yang serupa dengan partisipan yang dialami setelah meminum psychedelics, terutama psilocybin, ramuan jamur ajaib yang membuat pengguna tersandung, menurut hasil yang dipublikasikan pada 22 November di Scientific Reports.

Sementara mesin dapat mensimulasikan halusinasi, tidak akan memberi pengguna perasaan waktu yang miring yang sering kali disertai penggunaan psychedelics, laporan tersebut menemukan.

Investigasi ke otak pada psychedelics masih dalam tahap awal, namun mesin tersebut "menyediakan alat baru yang kuat untuk melengkapi kebangkitan penelitian ke keadaan kesadaran yang berubah," laporan tersebut menyatakan.

Tim ini merayakan penggunaan virtual reality untuk lebih memahami otak dan mengatakan bahwa alat ini baru saja dimulai.

"Potensi VR dalam neuroscience sangat besar dan baru saja mulai. Dalam lima tahun, ini akan menjadi perubahan permainan, "kata co-director Sackler Center, Anil Seth.

Ini bukan pertama kalinya teknologi digunakan untuk mengeksplorasi keadaan kesadaran yang berubah - ahli syaraf Dr. Michael Persinger menciptakan "helm Tuhan" pada tahun 1980an untuk mempelajari bagaimana otak mengalami tingkat kesadaran yang lebih tinggi.

Dan pada bulan April, pemindaian otak menemukan bahwa orang-orang yang menggunakan pengalaman LSD, psilocybin, dan ketamine "meningkatkan kesadaran akan keadaan."(Rdk)