Breaking News

Arman Depari Jadi Ka. BNN ? Presiden Berlian Surati Presiden Jokowi


Irjen Arman Depari, Calon Kepala BNN 2018
Berliannews.com- Nasional | Menjelang masuk masa pensiunnya pada Maret 2018, bisik-bisik tentang siapa yang akan menggantikan figur Komisaris Jendral Budi Waseso selaku Ka. BNN semakin nyaring. Berbagai nama disebut. Salah satunya yang dinilai layak adalah Irjen Arman Depari yang saat ini menjabat sebagai Deputi Pemberantasan di BNN.

Pria yang pernah menjabat sebagai Kapolda Provinsi Kepulauan Riau ini dinilai layak untuk menggantikan posisi Komjen Budi Waseso nanti. Arman, tercatat sebagai Kapolda kedua di Kepri yang berani menggebek Sarang Narkoba di Simpang Dam Kelurahan Muka Kuning Batam pada April 2015 lalu.  Sebelum menjabat Kapolda Kepri, Arman menjabat sebagai Direktur IV Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Mabes Polri. 

Salah satu syarat untuk bisa menjadi Ka. BNN adalah berpengalaman paling singkat 5 tahun dalam penegakan hukum dan paling singkat 2 tahun dalam pemberantasan Narkoba. Ini sesuai dengan ketentuan persyaratan menjadi Ka. BNN yang diatur di Pasal 69 Undang-Undang No 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika.

Presiden DPP LSM Berlian ( Berantas Lingkaran Narkoba ) Ahmad Rosano menilai sosok Irjen. Arman Depari memiliki cukup kualifikasi untuk bisa menjadi Kepala BNN. " Jika dilihat dari track recordnya di pemberantasan Narkoba hampir tanpa cacat sepengetahuan saya.  Beliau pertama jadi kapolda Kepri langsung menggrebek Basis Narkoba di areal Kampung Aceh, Simpang Dam Muka Kuning Batam. 60 orang diringkus dan terbukti 54 orang positif mengkonsumsi Narkoba. Ganja, paket sabu, bong, dan juga indikasi peredaran Heroin terungkap dari Penggrebekan yang dilakukan Arman. Ini nilai plus yang membuat saya mendukung beliau menjadi Ka. BNN pengganti Pak Budi Waseso." demikian Rosano menyampaikan. 

Meskipun begitu, Rosano memberikan catatan khusus untuk Arman Depari jika nanti terpilih menjadi Ka. BNN untuk fokus kepada pemberantasan Bandar besar Narkoba. " Data Intelijen Berlian Bandar Narkoba Besar di Republik Indonesia ini tidak sampai 100 orang. Ini harus dijadikan prioritas utama untuk ditumpas. Jangan yang kecil-kecil saja, bikin penjara penuh. Berlian siap bekerjasama jika Arman Depari berkomitmen untuk pemberantasan Bandar Narkoba Besar ini. " tegas Presiden Berlian yang mantan prajurit tempur ini. 

Sebagai langkah konkrit, Rosano sudah menyiapkan surat untuk dikirim kepada Presiden Jokowi terkait dukungan DPP LSM Berlian terhadap Irjen. Arman Depari untuk menjadi Kepala Badan Narkotika Nasional pengganti Komjen. Budi Waseso nanti. " Didalamnya, catatan-catatan khusus tentang kinerja Ka. BNN yang baru nanti kita sampaikan juga kepada Presiden Jokowi. " demikian Rosano menutup kepada Berliannews.com. ( Red )