Breaking News

Apotik “Nakal “ Bisa Segera Ditutup


dr.Didi Kusmariyadi
Berliannews.com – Batam | LSM Berlian kembali mengelar audiensi. Kali ini giliran Kepala dinas kesehatan Batam dr Didi Kusmariyadi disambangi oleh LSM Berantas Lingkaran Narkoba skala Nasional ini, sore kemarin.  Acara Audiensi bertempat di ruang dinas beliau di RSUD Embung Fatimah  Batu Aji Batam

dr.Didi menyambut dengan baik dan hangat rombongan LSM yang dikomandani oleh Sekjen LSM Berlian Borys Riswono.  Dalam sambutannya , dr. Didi mendukung penuh gerakan LSM Berlian untuk memberantas peredaran NARKOBA di Batam. Beliau juga memohon bantuan kepada LSM Berlian jika ada bawahan nya terbukti memakai narkoba tolong di lapor kan “saya akan pecat tanpa ada pembinaan lagi Saya tidak main main “.begitu kata beliau

LSM Berlian juga menekankan terkait apotik yang menjual obat obatan yang mengandung narkotika ( Prekursor Narkotika ) dan zat adiktif lain dan menyalahi aturan dinas kesehatan jangan dibiarkan beredar dan tidak mudah digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab sehingga menimbulkan korban penyalahgunaan Narkoba di masyarakat umum.

Menyambut pernyataan LSM Berlian, dr. Didi menegaskan bahwa akan mencabut perijinan apotik jika terbukti menjual obat yang mengandung narkotika tanpa resep atau ijin dari dokter. “ Saya tidak perduli Apotik siapa, jika terbukti bersalah dan menjual Obat Keras tanpa resep dokter akan saya tutup tanpa pandang bulu.  “ demikian dr. Didi yang juga Hulubalang Pagar Negeri ini menegaskan.

Prekursor Farmasi dan Prekursor Narkotika adalah jenis obat yang beredar legal di Batam. Kedua jenis prekursor ini jika dicampur dengan kimia tertentu oleh Ahli Kimia, dapat menjadi Narkoba. Yang termasuk dalam jenis Prekursor Tabel 1 adalah : Acetic Anhydride, N-Acetylanthranilic Acid, Ephedrine, Ergometrine,  Ergotamine, Isosafrole, Lysergic Acid, 3,4-Methylenedioxyphenyl-2-propanone, Norephedrine,  1-Phenyl-2-Propanone, Piperonal, Potassium Permanganat,  Pseudoephedrine dan  Safrole. Tabel II adalah : Acetone, Anthranilic Acid, Ethyl Ether, Hydrochloric Acid, Methyl Ethyl Ketone, Phenylacetic Acid, Piperidine, Sulphuric Acid dan Toluene ( Lia )